Mengenal Ragam Jenis Tes COVID yang Bisa Diakses Lewat SehatQ

Pandemi COVID-19 mengharuskan kita untuk mau tak mau melakukan tes secara berkala. Apalagi untuk memenuhi persyaratan berpergian atau tuntutan pekerjaan. Ada beberapa jenis tes covid yang bisa Anda jalani. Setiap jenis tes memiliki teknik yang berbeda dan keakuratannya juga tak sama. Berikut akan dibahas jenis-jenis tes yang bisa dijalani untuk mendeteksi infeksi COVID-19.

Mengenal Ragam Jenis Tes COVID yang Bisa Diakses Lewat SehatQ

1.                TCM

Pilihan pertama adalah TCM atau Tes Cepat Molekuler. Ini merupakan jenis tes yang sebelum situasi pandemi digunakan untuk mendeteksi penyakit TBC. Cara kerjanya adalah dengan melakukan pemeriksaan memakai dahak dengan amplifikasi asam nukleat. Nantinya deteksi virus Corona akan dilakukan lewat RNA menggunakan alat cartridge khusus.

Sesuai dengan namanya, TCM ini merupakan jenis tes yang bisa memberikan hasil dalam waktu singkat. Hanya dalam waktu kurang dari dua jam Anda sudah bisa mendapatkan hasil tes. Fasilitas tes ini sudah tersedia di berbagai lokasi rumah sakit juga puskesmas.

2.                Rapid Test

Jenis tes ini sangat populer dan dianggap sebagai salah satu tes COVID yang sangat praktis. Rapid test merupakan pengujian infeksi COVID-19 dengan menggunakan sampel berupa darah. Sampel darah dari individu akan diteteskan ke alat uji. Sampel darah ini nantinya akan dipakai untuk mendeteksi adanya imunoglobulin atau antibodi yang terbentuk saat tubuh mengalami infeksi.

Rapid test sangat mudah dilakukan dan biasanya digelar di berbagai tempat. Bahkan banyak sekali lokasi yang menawarkan fasilitas rapid test secara cuma-cuma. Hasil tes juga dapat diterima dalam waktu singkat, cukup 15 hingga 20 menit. Hanya saja jenis tes ini memiliki tingkat keakuratan yang lemah. Bisa saja hasilnya negatif padahal tubuh terinfeksi namun belum memproduksi antibodi sehingga tak terdeteksi.

3.                PCR

Berikutnya ada tes PCR atau Polymerase Chain Reaction. Tes ini dilakukan dengan cara mendeteksi infeksi virus melalui sampel lendir. Sampel ini diambil dari hidung atau tenggorokan yang merupakan lokasi bagi virus untuk menggandakan diri. Tes ini akan mendeteksi adanya material genetik RNA dari virus Corona.

Jenis tes ini adalah yang paling direkomendasikan karena hasilnya cukup akurat. Sayangnya, tes ini membutuhkan waktu pemrosesan yang lebih lama. Selain itu jenis tes ini juga membutuhkan biaya yang cukup mahal jika dibandingkan pilihan tes lainnya.

4.                Rapid Test Antigen

Jenis tes berikutnya yang juga efektif untuk mendeteksi adanya virus COVID-19 dalam tubuh adalah rapid test antigen. Jenis tes ini dilakukan untuk mendeteksi adanya antigen dalam tubuh. Antigen merupakan zat atau benda asing yang masuk ke tubuh, dalam hal ini berarti virus Corona.

Rapid test antigen menggunakan sampel berupa lendir yang diambil dari hidung atau tenggorokan lewat proses swab. Demi mendapatkan hasil pemeriksaan yang akurat, tes ini sebaiknya dilakukan selambat-lambatnya 5 hari setelah muncul gejala COVID-19. Hanya saja jenis tes ini tidak terlalu akurat jika dibandingkan dengan PCR.

5.                GeNose

Jenis tes ini juga bisa digunakan untuk mendeteksi adanya indikasi infeksi virus Corona dalam tubuh. Caranya sangat sederhana dan tidak membutuhkan sampel yang sulit diambil. Alat GeNose akan mendeteksi infeksi virus melalui hembusan napas. Tes ini sangat mudah, praktis, dan harganya juga terjangkau. Namun tidak terlalu direkomendasikan karena hasilnya kurang akurat.

Itulah beberapa macam tes untuk mengetahui adanya infeksi virus Corona. Anda bisa mencari tahu fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan tes tersebut melalui fitur SehatQ. Terdapat informasi lengkap daftar rumah sakit dan fasilitas kesehatan yang dapat memberikan pelayanan tes sesuai kebutuhan.

Share:

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Label

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.